get app
inews
Aa Read Next : Bantu Petani, PUPR Banten Lakukan Pompanisasi Penambahan Debit Air Irigasi Cibinuangeun

Andalkan Pompanisasi : Walau Kemarau Panjang, Petani di Lebak Bisa Tetap Tenang

Senin, 09 September 2024 | 11:10 WIB
header img
Petani yang tergabung Kelompok Tani (Poktan) Cileungsir Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunungn / Foto : Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Para petani di Kabupaten Lebak, Banten merasakan langsung dampak program pompanisasi yang digencarkan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mengantisipasi kekeringan panjang akibat gelombang panas yang melanda seluruh Indonesia.

Mereka bersyukur saat ini memiliki kecukupan air terutama untuk mempercepat masa tanam yang sempat terhenti akibat kekeringan. Diketahui, Kabupaten Lebak menerima bantuan pompa sebanyak 295 yang tersebar di 28 kecamatan.

“Dari 295 bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian yang belum datang atau terpasang tinggal 34 pompa air. Mudah-mudahan akhir bulan ini sudah dipasang. Bantuan pompa daru Kementerian Pertanian ini langsung ke kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian Lebak Rahmat, Minggu (8/9/2024). 

Menurut Rahmat, pemasangan ratusan pompa air ini untuk mengantisipasi terhadap ancaman darurat pangan dan antisipasi penurunan produksi padi, karena situasi global dan lrediksi kekeringan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Manfaat langsung dirasakan oleh petani yang tergabung Kelompok Tani (Poktan) Cileungsir Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunung. Mereka mengaku bersyukur atas bantuan pomp air dari Kementan. Sehingga, meskipun musim kemarau masih bisa melaksanakan tanam padi.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut