get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Cantik Airin Rachmi Diany Blusukan ke Lebak Selatan, Berikut Jadwal Kunjungan Lengkapnya

Apa Itu Ahlussunnah Waljamaah?

Selasa, 10 September 2024 | 02:01 WIB
header img
Iyang Bahtiar, seorang santri di Lebak bagian selatan, Banten / Foto: istimewa

Hadratusy Syaikh Muhammad Hasyim Asy’ari memberi pencerahan kepada kita semua: “Adapun Aswaja, adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadits dan ahli fiqih. Merekalah yang mengikuti dan berpegang teguh dengan sunnah Nabi SAW dan sunnah ulama Khulafaur Rasyidin setelahnya.

Mereka, adalah kelompok yang selamat (Al-Firqah Al-Najiyah). Dan mereka mengatakan, bahwa kelompok tersebut sekarang ini terhimpun dalam mazhab yang empat, yaitu pengikut Imam Hanafi, Syafi’i, Maliki dan Ahmad bin Hambal.” (Ziyadat Ta’liqat. Hal, 34-24).

Kesesatan-kesesatan pasti banyak dan sudah terjadi, namun manusia tidak akan sepakat atas kesesatan tersebut. Karenanya, apabila ada perselisihan, maka ikutilah kelompok mayoritas. Apalagi di era modern ini, tentunya dinamika pro dan kontra pasti ada. Akan tetapi tetap waspadai terhadap gerakan yang menyimpang, dan tetap konsisten bersama faham Aswaja.

Kesimpulannya, Aswaja adalah faham yang tentunya telah diajarkan oleh Rasulullah, meliputi ucapan, perilaku serta ketetapan beliau, yang telah menjadi konsensus para sahabat nabi. Mayoritas umat Rasulullah mengikuti faham Aswaja, baik bidang aqidah, fiqih dan tasawuf, khususnya di tatar Nusantara ini.

 

Penulis adalah seorang santri di Lebak bagian selatan

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut