get app
inews
Aa Read Next : Plh Sekda Virgojanti Membuka Rapat Koordinasi Ekosistem Pusat Industri Halal Provinsi Banten

Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti: Pemprov Banten Komitmen Dukung Pemajuan Kebudayaan

Senin, 30 September 2024 | 05:17 WIB
header img
Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti: pada acara Seren Taun di Kasepuhan Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten, Minggu, 29 September 2024 / foto: istimewa

“Seren Taun menurut saya sarat makna kebersamaan, keikhlasan, dan kerelaan. Merupakan bentuk rasa syukur Masyarakat Adat Cisungsang atas hasil panen padi,” ungkap Virgojanti.

Dikatakan, kini pertanian masyarakat Cisungsang dalam tanam padi bisa panen dua kali setahun. “Menurut Abah Usep, Alhamdulillah hasil panen tahun ini baik,” ucapnya.

Masih menurut Virgojanti, Seren Taun bukan hanya memunculkan aktivitas gelaran Budaya saja, tetapi ada dampak secara ekonomi bagi masyarakat melalui gelar produk UKM, serta diisi juga dgn lomba  olahraga sehingga masyarakat terhibur sehat jasmani dan Rohani.  Hal itu sesuai dengan tujuan Indonesia Emas 2045 yang harus didukung oleh sumber daya manusia yang unggul.

Dalam kesempatan itu, Virgojanti juga berpesan kepada para Kepala Desa untuk memanfaatkan dana bantuan desa Rp100 juta dari Pemprov Banten untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Khususnya untuk membangun infrastruktur jalan desa. Serta menjaga kondusifitas memasuki Pilkada Serentak 2024.

Dalam kesempatan itu, Sesepuh Kasepuhan Cisungsang Abah Usep Suyatma menjelaskan, Masyarakat Adat Kasepuhan Cisungsang sudah berdiri ratusan tahun lalu. Merupakan masyarakat adat pecinta budaya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut