Kasus BLT DD Desa Ciruji, Musa Sebut Aliran Dana Ngalir ke Sekdes dan BPD

U Suryana
Kasus BLT DD Desa Ciruji, Musa Sebut Aliran Dana Ngalir ke Sekdes dan BPD / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Anggota DPRD Kabupaten Lebak, Musa Weliansyah menyebutkan ada aliran dana BLT DD untuk masyarakat miskin ektrem di Desa Ciruji, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten, yang tidak disalurkan secara utuh kepada 70 orang KPM pada tahun 2023 dan mengalir ke sekertaris desa dan ketua BPD

Adanya dugaan penggelapan dana bantuan langsung tunai yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa Ciruji terus mendapatkan sorotan dari komisi I DPRD Lebak, setelah melakukan sidak dan menemui Keluarga Penerima Manfaat, kini dugaan aliran dana BLT DD tahun 2023 dan 2024 makin terendus. 

Politisi Partai Persatuan Pembangunan yang juga Calon Legislatif terpilih DPRD Provinsi Banten 2024-2029, menegaskan bahwa ada konflik kepentingan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Menurutnya ada aliran dana sebesar Rp 2.000.000,- yang diterima ketua BPD dan 3.600.000,- oleh Sekdes pada akhir tahun 2023. Yang mana berdasarkan hasil wawancara dengan Pj Kepala Desa Ciruji pada hari Kamis, 27 Juni 2024, BLT DD triwulan keempat yaitu Oktober-Desember sebesar Rp 63.000.000,- yang seharusnya diberikan kepada 70 Orang KPM Rp 900.000/orang secara utuh.

Malah, kata Musa, digunakan untuk menutupi kebutuhan lain diantaranya operasional desa, membayar pajak pembangunan fisik Dana Desa, belanja kerbau dan PBB. Dari total Rp 63 juta tersebut, diduga hanya Rp 23.400.000,- yang dibagikan ke KPM yaitu Rp 300.000/Orang untuk 78 orang KPM. Ada pun Penggunaan BLT dana desa yang digunakan untuk menutupi kebutuhan lain tersebut atas ide dan persetujuan ketua BPD dan perangkat desa yang lain. 

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network