get app
inews
Aa Read Next : Komunitas Senapan Angin Lebak Selatan Buru Monyet Liar Gigit Perut Bayi di Wanasalam

Apa Hukum Orang yang Tidak Berzakat Padahal Ia Mampu? Simak Penjelasannya Disini

Minggu, 08 Januari 2023 | 08:58 WIB
header img
Ilustrasi haul zakat. (Foto: Shutterstock)

Hukuman Bagi Orang yang Tidak Berzakat

Dari berbagai penjelasan di atas telah sangat jelas atas kewajiban berzakat. Sehingga bagi mereka yang mampu dan memiliki harta yang cukup namun, enggan menunaikan zakat. Tentunya tidak perlu menjadi pertanyaan lagi, karena sudah jelas suatu amalan yang memiliki hukum wajib bila tidak dikerjakan maka, akan mendapatkan dosa.

Yang menjadi berat adalah bagi mereka yang mampu tapi, tidak mau berzakat adalah mendapatkan hukuman di dunia dan akhirat. Hukuman yang diberikan oleh Allah SWT harus bisa menjadi perhatian bagi kaum muslim agar tetap senantiasa mentaati aturan yang telah diatur dalam agama Islam.

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. (Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah: 34-35).

Editor : Sofi Mahalali

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut