get app
inews
Aa Read Next : Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Petani di Desa Pasirloa Gagal Panen

Sumringah! Masuk Panen Raya Harga Gabah Kering di Petani Lebak Tembus Rp6.000 per Kilogram

Senin, 13 Maret 2023 | 19:21 WIB
header img
Kabupaten Lebak mulai memasuki masa panen raya / Foto : U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.idKabupaten Lebak, Banten sudah memasuki masa panen raya sejak satu bulan ini. Berdasarkan data yang diperoleh, luas panen padi pada bulan Maret 2023 mencapai 10.041 hektare yang tersebar di 28 kecamatan.

Memasuki masa panen raya tersebut, diharapkan akan menyumbangkan produksi pangan dan ketahanan pangan jelang memasuki bulan ramadhan mendatang, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khsusunya petani.

Pantauan di beberapa kecamatan di wilayah Lebak selatan, harga gabah kering di tingkat petani berada di kisaran Rp5800 – 6000 per kilogram. Harga ini tergolong tinggi, karena biasanya harga 1 kilogram gabah kering hanya Rp4000 – 4500.

Salah satu petani di Kecamatan Cihara, Rudi, mengaku untuk musim panen kali ini dirinya tak lagi menombok, “Alhamdulillah ada lebihnya, biasanya untuk biaya bibit, pupuk, dan operasional saja tidak nutup,” ungkapnya, Senin (13/3/2023).

Gabah kering budidaya petani Kecamatan Cihara, selain disimpan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, sebagian juga dijual ke tempat penggilingan padi atau rice mill. Harga yang sedang tinggi membuat petani makin sumringah.

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut