get app
inews
Aa Read Next : Dua ABG di Rangkasbitung Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Galian Pasir

Lagi-lagi! Tambang Emas di Cibeber Makan Korban, APH Didesak Ungkap Kasus

Minggu, 10 Desember 2023 | 20:28 WIB
header img
Lagi-lagi! Tambang Emas di Cibeber Makan Korban, APH Didesak Ungkap Kasus / Foto: Ilustrasi penambang emas

LEBAK, iNewsLebak.id - Insiden nyawa melayang akibat kegiatan penambangan liar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) rupanya tidak membuat kapok para gurandil. Tak ayal, jumlah korban jiwa sampai Desember 2023 terus bertambah. Hal ini pun memantik perhatian aktivis lingkungan Lebak Selatan (Baksel), Widjaya Darma Sutisna. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, pada 04 Desember kemarin, kembali terjadi kecelakaan tambang yang menewaskan salah seorang pekerja Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Lokasi Cikidang Blok Cibanteng, Desa Kujangsari, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. 

"Kecelakaan di lokasi tambang liar terus berjatuhan, bahkan pada dua bulan terakhir saja sudah lebih dari dua orang penambang tewas di dalam lubang emas," ujar Widjaya Darma Sutisna, Minggu (10/12/23). 

Menurut Sutisna, insiden yang terus berjatuhan itu harusnya dapat diminimalisir apabila semua stakeholder dapat berkerjasama dengan baik. 

Peran pemerintah setempat pun dinilai sangat perlu sebagai ujung tombak tindakan preventif perusakan hutan dan pencegahan terjadinya kecelakaan. 

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut