get app
inews
Aa Read Next : Tak Juga Direnovasi, Mahasiswa Gelar Aksi Refleksi di Tugu Romusha Bayah Lebak

Ironis! Tugu Romusha di Bayah Roboh Tak Diperbaiki, IMC Angkat Bicara

Jum'at, 14 Juni 2024 | 11:26 WIB
header img
Nampak Tugu Romusha roboh, di Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat 14 Juni 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Ikatan Mahasiswa Cilangkahan (IMC) mengaku ironis dengan robohnya monumen atau tugu Romusha di Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, yang tidak adanya kepastian dari pemerintah guna memperbaiki atau membangun kembali monumen bersejarah tersebut.

Padahal diketahui tugu Romusha roboh sekitar bulan Januari 2024 lalu, artinya sudah setengah tahun tidak adanya perhatian pemerintah untuk memperbaiki monumen tersebut agar tetap berdiri kokoh.

Disebut-sebut masyarakat sekitar. Tugu Romusha dibangun oleh seorang pahlawan revolusi kemerdekaan Ibrahim Datuk Tan Malaka atau Iljas Husen nama samarannya di tahun 1946.

Tugu Romusha ini memiliki tinggi sekitar 3 meter, sebagai simbol untuk mengenang para pekerja paksa (Romusha). Para pekerja berguguran diakibatkan oleh penyakit malaria dan kelaparan parah pada masa pendudukan Jepang.

Sekretaris I bidang Pengkaderan dan Pengembangan Organisasi Coordinator Center Ikatan Mahasiswa Cilangkahan, M Supyan Syaori menyayangkan imbas tidak adanya upaya sama sekali dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten untuk sekedar memperbaiki monumen atau tugu Romusha agar kembali kokoh seperti sedia kala. 

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut