get app
inews
Aa Read Next : Kandas Lagi Maju di Pilbup Lebak, Jajuli 'Curhat' Ungkap Alasannya

Pilbup Lebak 2024 : Pakar Hukum Sebut Amir Hamzah Tak Bisa Maju Pilkada

Selasa, 13 Agustus 2024 | 08:50 WIB
header img
Amir Hamzah / Foto : Koran Sindo

LEBAK, iNewsLebak.id – Mantan Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah yang saat ini maju kembali di ajang Pilkada Lebak 2024 disebut tidak memenuhi syarat pencalonan berdasarkan pasal 14 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Hal ini dikatakan Direktur ASP Law Firm sekaligus Ketua Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Banten, Acep Saepudin. Amir pernah diancam dengan hukuman penjara lebih dari 5 (lima) tahun dalam kasus korupsi.

“Berdasarkan Pasal 14 PKPU, Amir Hamzah tidak memenuhi syarat karena ancaman hukuman dalam kasus Tipikor yang dia hadapi bisa mencapai 20 tahun penjara. Walaupun vonis kepadanya hanya 3 tahun 5 bulan,” kata Acep, Senin (12/8/2024).

Ditegaskan Acep, Amir Hamzah yang saat ini maju Pilkada Lebak berdampingan dengan Hasbi Jayabaya tak bisa mencalonkan diri sebagai kepala daerah, “Tidak bisa mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Aturan harus ditegakkan,” tegasnya.

Acep juga menambahkan bahwa meskipun hukuman penjara yang dijatuhkan kepada Amir Hamzah tidak sampai mencabut hak politiknya, ancaman pidana tetap menjadi faktor penentu.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut