get app
inews
Aa Read Next : Pro Kontra Alat Tangkap Benur Jodang Tanam di Pesisir Binuangeun, Ini Kata Dinas Perikanan Lebak

Dikembangkan di Binuangeun, Alat Tangkap Benur 'Jodang Tanam' Dinilai Efisien dan Ramah Lingkungan

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 08:57 WIB
header img
Alat tangkap benur jodang tanam dinilai efisien dan ramah lingkungan / Foto : iNews.id

Bahan HDPE ini dipilih karena memiliki kekuatan yang sangat baik dan juga tanam air. Pada jodang tanam, waring dipakai tidak membentang, hanya dibuat buntelan seperti alat pencuci piring, yang diikatkan pada seutas tali sepanjang 100 meter.

Jarak antara jodang tanam satu dengan yang lainnya diatur antara 4 – 5 meter. Jadi untuk satu ruas tali berisi 20 – 25 jodang tanam. Sedangkan untuk pemberat ujung tali menggunakan jangkar atau pasir yang telah dimasukkan ke dalam karung.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Berdnardi, Jumat (4/10/2024) siang memastikan bahwa jodang tanam adalah produk modifikasi nelayan yang ramah lingkungan.

“Alat ini tidak merusak ekosistem laut, di wilayah lain juga telah menerapkan metode tangkap benur dengan alat ini. Namun, memang belum masuk dalam daftar alat tangkap yang diinvetarisir oleh kementerian,” ucap Berdnardi.

Terkait polemik pro dan kontra nelayan Binuangeun, Dinas Perikanan Kabupaten Lebak rencananya akan mengundang dua kelompok nelayan tersebut dalam jumlah yang berimbang.

Editor : Lazarus Sandy

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut