Puluhan Hektare Kebun Timun Suri di Lebak Terancam Gagal Panen, Petani Bakal Merugi Ratusan Juta

U Suryana
Petani timun suri di Kecamatan Malingping, Lebak / Foto : U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.id – Puluhan hektare lahan perkebunan timun suri di Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten terancam gagal panen dan petani bakal merugi hingga ratusan juta rupiah.

Pasalnya, pertumbuhan buah tak sesuai harapan. Jika biasanya buah timun suri yang dipanen bobotnya diatas 1 kilogram per buah, kini hasil buahnya tak lebih dari kepalan tangan orang dewasa.

“Biasanya seminggu sebelum bulan puasa kami sedikitnya sudah memanen lebih dari 1 ton buah timun suri, tapi saat ini baru beberapa kilogram saja. Kecil-kecil buahnya” ungkap salah satu petani, Endan, Selasa (14/3/2023).

Hal senada diutarakan oleh Yuni, lahan seluas ½ hektare yang ditanami timun suri dipastikan tak akan kembali modal. Yuni mengaku, telah mengeluarkan biaya sebesar Rp10 juta sejak bulan Januari 2023 lalu.

“Biaya bibit, pupuk, upah kerja, dan lain-lain sudah mencapai Rp10 juta. Yang dipanen tidak ada pak, mau dijual ke pasar kecil-kecil. Paling dimakan anak-anak, atau dibawa pulang ke rumah,” paparnya.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network