Idap Penyakit Langka, Balita di Lebak Harus Berobat Seumur Hidup Namun Terbatas Biaya

U Suryana, A Riefai
Balita penderita thalasemia beta mayor bersama ibunya / Foto: U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.id - Seorang balita di Desa Cisarap, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, tak bisa seceria anak seusianya. Pasalnya, balita bernama M Nabil Al Falah (4 ) menderita sebuah penyakit langka. 

Anak dari pasangan Nana Suarna (35) dan Eros Nurliyah (32), tersebut didiagnosa mengalami penyakit Thalasemia Beta Mayor atau yang juga dikenal dengan nama anemia Cooley. Ini merupakan jenis penyakit thalassemia yang paling parah. 

Thalasemia sendiri adalah salah satu jenis penyakit langka yang diturunkan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi hemoglobin dalam bentuk yang tidak normal, sehingga organ tubuh penderitanya akan kekurangan oksigen dan membesar.

Nabil sendiri, ketika penyakit thalassemianya kambuh perutnya akan membesar dan wajahnya akan pucat. Untuk itu, ia harus rutin berobat jalan dan mengkonsumsi obat yang diperoleh dari rumah sakit. 

"Tiap dua minggu sekali berobat ke RSUD Malingping, sedangkan tiap bulannya berobat ke RSUD Banten atau ke Tangerang. Kalau obatnya habis perutnya membengkak," jelas ibunda Nabil, Eros, Senin (10/4/2023).

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network