get app
inews
Aa Read Next : Gugatan Mantan Dekan Unma Banten Digagalkan PN Pandeglang

KKN 2024 Kelompok 10 Unma Banten di Pasirloa, Gelar FGD Revolusi Desa Cerdas Pertanian

Minggu, 11 Agustus 2024 | 14:10 WIB
header img
KKN 2024 Kelompok 10 Unma Banten di Pasirloa, Gelar FGD Revolusi Desa Cerdas Pertanian / foto: istimewa

"Selain modal ekonomi utama sawah juga sebagai bagian penting dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dan kehadiran digitalisasi pertanian, pembentukan UMKM, dan memviralkan desa melalui berbagai platform media sangat penting," kata Sutoto.

Pembicara Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unma Banten, Dr Verliani Dasmqra, menggarisbawahi perlunya desa untuk berperan aktif dalam memanfaatkan peluang digital. Menurutnya, berkait riset Kawasan Ekonomi Khusus yang belum optimal, desa perlu lebih berperan dalam pembuatan produk lokal seperti oleh-oleh dan keripik. 

"Isu pemasaran digital produk usaha hasil pertanian dan pengembangan marketplace adalah tantangan utama yang harus diatasi guna meningkatkan daya saing produk lokal," ujar Verliani.

Selanjutnya pada FGD Dekan FEB tersebut menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, akademisi dan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.           

"Dengan dukungan yang solid dan penerapan teknologi modern, diharapkan desa-desa di sekitaran exit tol Serang-Panimbang dapat menjadi contoh model pertanian cerdas dan pengembangan ekonomi yang sukses," tuturnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut