get app
inews
Aa Read Next : HUT Ke-7 Tahun, SMSI Provinsi Banten Gelar Donor Darah

Kisah Haru Sarpan Anak Penjual Gula di Lebak Lolos Jadi TNI AD, Pernah Jalan Kaki 48 Kilometer

Kamis, 15 Februari 2024 | 15:59 WIB
header img
(Sarpan bersama keluarga dan anggota TNI AD di Lebak/foto: istimewa)

LEBAK, iNewsLebak.id - Sarpan (20), pemuda asal Lebak, Banten, membuktikan bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah halangan untuk meraih mimpi. Ia berhasil lulus Tamtama Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Darat, TNI AD  dengan predikat memuaskan.

Kisah inspiratif Sarpan ini bermula dari tekadnya yang kuat untuk membantu keluarga dan meraih pendidikan tinggi. Meskipun berasal dari keluarga kurang mampu, dengan orang tua yang cacat dan bekerja sebagai penjual gula keliling, Sarpan tidak pernah menyerah.

Sarpan menempuh pendidikan di SMAN Rangkasbitung atas kemauannya sendiri. Ia bahkan nekat kuliah tanpa sepengetahuan orang tua dan tinggal di rumah gurunya sambil membantu.

Semangatnya tak berhenti di situ. Saat hendak pulang ke Kecamatan Sobang, Sarpan memilih untuk berjalan kaki atau berlari kecil sejauh 48 kilometer. Ia menolak tawaran untuk naik kendaraan umum karena ingin berolahraga dan tidak ingin orang lain mengetahui kondisinya.

Kegigihan Sarpan akhirnya terbayar. Ia berhasil lulus Tamtama TNI AD dengan predikat memuaskan. Prestasi ini menjadi bukti bahwa siapapun bisa meraih mimpi. Kisah Sarpan dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tidak mudah menyerah pada keadaan. Ia menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, segala rintangan dapat dilalui.

Sarpan bersama keluarga (foto: istimewa)
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut